Skip to content

Invasi Batik ke Negeri Orang

October 15, 2009

Saya bukan penggemar sejati batik. Bahkan saya gak punya batik mahal. Hanya batik-batik murah berharga kurang dari 200 ribu. Tapi fakta bahwa batik pada tanggal 2 Oktober 2009 kemarin ditetapkan UNESCO sebagai warisan asli Indonesia, tentu saya sangat bangga. Sesuai anjuran SBY untuk pakai batik pada tanggal tersebut, sayapun laksanakan. Hanya saja waktu itu saya berketepatan berada di Inggris. Walaupun udara dingin dan harus pakai jaket, baju di dalamnya tetap batik. Andaikan ada jaket bermotif batik, hari itu juga pasti saya pakai. Saking bangganya batik resmi jadi “asli Indonesia poenja”, saya pakai batik untuk makan di restoran Al Muntaha, Burj Al Arab, Dubai. Katanya Burj Al Arab ini adalah Hotel Bintang 7 satu-satunya di dunia. Rasanya pas kalau pamer batik di hotel termahal di dunia.

Saya jadi ingat, tahun lalu sayapun pakai batik ketika berada di Belgia. Walaupun udara dingin karena saat itu sedang musim dingin, dengan bangga saya menunjukkan batik itu di jalanan kota Brussel.

Hmm… rasanya saya akan menjadikan kebiasaan memakai batik di negeri orang sebagai kewajiban untuk diri pribadi. Sekedar mencintai negeri ini dengan tulus. Kenapa enggak?

Baca juga: https://eftianto.wordpress.com/2007/11/14/batik-untuk-anak-muda/#more-9820091002 YORK copyalmuntaha copy

BRUSSEL-BATIK copy

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

