Skip to content

PESEPAKBOLA MUSLIM

October 19, 2008

franckribery_wideweb__470x3220.jpgBarusan saya baca di detik.com tentang Franck Ribery yang ternyata seorang Muslim. Cukup menarik karena ternyata dia seorang Mualaf dan sering menunjukkan cara berdoa Muslim sebelum bermain ke lapangan hijau (yang tentunya mendapat cibiran). Ternyata, banyak sekali pesepak bola dunia yang cukup terkenal yang beragama Islam. Sebut aja Kolo Toure dan Robie Van Persie dari Arsenal. Zlatan Ibrahimovicnya Inter Milan, Louis Sahanya Manchaster United, Zidane tentunya, sampai mantan pelatih Perancis Philippe Troussier. Menarik dan cukup membanggakan karena mereka menjadi pesepakbola yang memiliki skill tinggi dan menjadi tulang punggung klubnya masing-masing.

Berikut kutipan artikel yang saya ambil dari

http://www.republika.co.id/korandetail.asp?id=261175&katid=376

Franck Ribery hanya diketahui berpindah agama setelah dia bermain untuk klub Galatasaray di Turki.

Usai pembukaan Piala Dunia 2006, nama Franck Ribery menjadi buah bibir. Bukan tentang kehebatannya menggiring atau menendang bola, bidang yang membesarkan namanya. namun tentang kebiasaannya menengadahkan tangan saat berdoa, khas Muslim. Saya berharap dia berpikir lurus dan kembali ke agamanya yang lama, tulis seorang penggemar fanatiknya di papan dialog situs Islamonline.net.
Ribery sendiri tidak menyangka tindakannya menadah tangan memohon kepada Tuhan, dinilai miring sebagian orang. Bagi pria berusia 23 tahun ini, kepercayaan barunya itu adalah hal pribadi dan bukan konsumsi publik. Itu sebabnya, dia selalu menolak wawancara yang menggiringnya pada pertanyaan mengapa dia berpindah agama. Bahkan ia pernah agak keras memperingatkan paparazzi untuk tidak mendesaknya dengan pertanyaan menyangkut hal yang paling pribadi itu.

Ribery memang seorang mualaf. Pria kelahiran 1 April 1983 ini menjadi Muslim setelah menyunting Wahiba Belhami, Muslimah asal Maroko yang telah mengahdiahinya seorang putri yang manis, Hizya, yang lahir 18 Juli tahun lalu. Ribery hanya diketahui berpindah agama setelah dia bermain untuk klub Galatasaray di Turki selama setahun dan membantu klub itumemenangi Piala Turki pada 2005. Ia mempunyai nama hijrah Bilal.

Berita mengenai Ribery memeluk Islam pertama kali dibedah oleh Majalah Express awal tahun ini. Majalah inipun tidak menyebut namanya dan hanya menyatakan seorang pemain sepak bola kebangsaan Perancis. Si pemain, tulis majalah ini, sering dilihat pergi ke masjid, di selatan Marseille.

Di Prancis sendiri, jumlah Muslim memang terus membengkak. namun kebanyakan mereka menyembunyikan jati diri kemuslimannya karena kentalnya stereotip yang melekatkan Muslim dengan terorsime.

Sebetulnya, bukan Franck Ribery saja Muslim yang turut berlaga di Piala Dunia 2006 lalu. Selain para pemain Arab Saudi, Iran, dan Tunisia, rekan sepasukannya, Zinedine Zidane juga beragama Islam.

Swedia pula mempunyai dua pemain Muslim dalam timnya, yaitu Zlatan Ibrahimovic dan Rami Shaaban. Zlatan lahir dalam keluarga imigran Bosnia-Herzegovina yg berpindak ke Malmo, Swedia, dan Rami adalah campuran Mesir dan etnik Finland.

Belanda juga memiliki dua pemain beragama Islam, Robin van Persie dan Khalid Boulahrouz. Robin menjadi Muslim setelah menikahi wanita keturunan belanda-Maroko, Bouchra.

Pantai Gading juga memiliki dua pemain kakak beradik yang beragama Islam, yaitu Kolo Toure dan Yaya Toure. Kolo bermain di posisi pertahanan dan Yaya di tengah. Yaya kini bermain untuk klub Greece, Olympiakos, dan prestasinya mencuri perhatian beberapa klub bergengsi, antara lain Manchester United, Chelsea, dan AC Milan.

Media Islam, antara lain Islamonline, menduga, kebiasaannya berdoa itulah yang dicibir publik. Padahal sebagai seorang Muslim, dia hanya tengah berdoa sebagaimana seharusnya, tulis mereka.

Kapten Zinedine Zidane atau Zainuddin Yazid Zidane juga seorang Muslim. Begitu juga bekas pelatih Prancis dan Jepang, Philippe Troussier, yang memeluk Islam setelah menikahi seorang Muslimah bernama Dominique. Namun mereka tidak menunjukkan keislamannya seperti Ribery menunjukkannya.

Namun bagi Muslim Prancis, Ribery menjadi ikon baru. Steve Bradore, aktivis Muslim Pransic, mengaku salut padanya. Menurut dia, sudah sepatutnya publik Prancis berbangga padanya. Dia adalah contoh yg membanggakan kami berdasarkan persembahan unik dan kesederhanaannya katanya kepada IslamOnline.net .

Ribery sendiri mau sedikit membuka mulut tentang pilihan keyakinannya itu. Media lokal, Paris Match, menyebut bukan asal untuk menikahi pujaan hatinya dia berpindah agama. Kehidupannya turut berubah setelah dia menjadi penganut Islam. Salah satunya ditunjukkan dengan cara dia berdoa itu.

Islam adalah sumber kekuatan saya sama ada diluar atau di dalam padang permainan, katanya. Saya menghadapi masa-masa sulit dalam membina karier, dan saya mencari kedamaian jiwa dan akhirnya saya menemukan Islam.

***

From → SOSIAL

68 Comments
  1. ning permalink

    ternyata memang benar ya si van persie islam?selama ini cuma denger kabar burung aja.lho ko jadi van persie??
    yang pasti salut buat ribery, subahanalloh.terus berjuang ya mas Allohuakbar!!!

  2. Q ngefans bgt ma RObin van Persie,,,,,,
    abizZ dy cutE abiZz+pnya skill yg greaT bgt,,,,,
    chayo Robin,,,,,,
    I luV U

  3. Anonymous permalink

    Alhamdulillah uy..van persie islam

  4. Free_male permalink

    Alhamdulillah udh banyak pesepak bola profesional di eropa b’agama muslim..bravo van persie

  5. yeah…
    Ternyata Persie IsLam…

    Tak di sangka ya…
    Pemain yang berada di kLub bergengsi ternYata ada yang isLam juga…
    Termasuk kolo touRe dan Yaya TouRe…

    aKu tuRut bangga, sEbagai oRang iSlam dan Sebagai pEncinTa liGa ingGris…

    tRims atas iNfonya…

  6. Feri permalink

    Alkhamdulillah.. Zlatan islam. Alkhamdulillah juga bagi semua pesepakbola muslim muallaf maupun keturunan. Mudah2an kalian terus berjaya dan dapat menghilangkan stereotype negatif yg selama ini dilekatkan dengan islam. AAmiin

  7. rizki permalink

    wah…alhamdulilah bgt ya…gak nyangka lo kalo banyak pebola muslim skrng…salut buat kalian deh

  8. Alzena permalink

    alhamdulillah…ternyata banyak pemain bola muslim dibenua biru mudah2an….makin banyak aja ? amin…..

  9. wah ternyata van persie islam yah, bagus dong… kuatkan hatimu ya robin, jadilah muslim yang sejati…

  10. seen permalink

    banyak pemain sepak bola yang punya skill tinggi ternyata mereka memeluk agama islam. saya bangga sekali karena saya juga sama yaitu seorang muslim. dan untuk para pemain indonesia yang mayoritasnya muslim terus maju dan buat nama pemain musllim dunia jadi hebat dimata dunia bukan hanya orang nasrani yang bisa!

  11. imanz permalink

    makasih infonya mas..

  12. ariee permalink

    Subahannalllaahh…!!!

  13. @ seen
    kalau pemain indonesia susah mau maju… banyak2x berdoa kali ye

    thanks postingannya bung eftianto

  14. WIOWOOD permalink

    apa bener jg nich nama2 seperti : hasan salihamidzic ( juve), atau ibrahim ..bla 2x ( psv einhovend), nihat kahveci (villareal), adalah seorang muslim ?..tolong dong daftar pesepakbola muslimx d tambah…

  15. subhannallah, dunia menanti saatnya ketika cahaya Islam sekali lagi menyinari benua biru Eropa sebagaimana peradaban emas Andalusia memancarkan kecemerlangannya di penjuru Eropa pada abad pertengahan. Maju terus Persie, insya Alloh, karirmu makin sukses. jadilah muslim sejati. buat rekanrekan muslim-muslimah yg lain, mari kta dukung bersama

  16. top_x permalink

    apakah Zlatan Ibrahimovic bnr2 seorang muslim? maaf kalo saya agak ragu.

  17. iman permalink

    Maha suci alloh yg telah memberikan petunjuk pada siapa sajah yg di kenhedakinya, nukang inpormasina

  18. fadly permalink

    ass…
    maaf nie…mo nanya lagi..

    zlatan ibrahimmovic ISLAM????!!

    ada artikel lainnya nie?

    thanks yah..

    wslm

  19. jATI permalink

    Alhamdulillah moga islam terus maju banyak pengikutnya, and jangan sok mencibir islam ya! Allahuakabar

  20. Dahsyat men….jd bangga bgt dengar berita semacam ini. Nicholas Anelka jika muslim lho….
    Buat mas Fadly ===> salamnya yg bener dong. mosok sesama muslim salamnya ass….. (ending ditulis lengkap biar g timbulkan prasangka)

  21. Dahsyat men….jd bangga bgt dengar berita semacam ini. Nicholas Anelka juga muslim lho….
    Buat mas Fadly ===> salamnya yg bener dong. mosok sesama muslim salamnya ass….. (ending ditulis lengkap biar g timbulkan prasangka)

  22. mEonk permalink

    Alhamdulillah w udah tau lama klo ribery islam, w sih dengernya dia masuk islam karena nikah ma istrinya yang muslim, gtu

  23. erwin permalink

    baguslah kalau semakin banyak pesepakbola yang beragama Islam.

  24. Londo permalink

    maha kehendak ALLAH SWT dalam memberikan hidayah nya….

  25. nurendra riastyanto( andra ) permalink

    alhamdulillah . . zlatan ibrahimovic islam. . .q tngg kao di surga. . .

  26. bachtiar rifa'i permalink

    dua pemain muslim telah menorehkan namanya dalam sejarah persepak bolaan dunia sebagai pemain terbaik dunia, George Weah dan Zinedine Zidane, beberapa tahun ke depan mudah2an jejak mereka diikuti oleh Ibrahimovic, Riberry, van Persie, dan pesepak bola muslim lainnya. Allahu Akbar!!!!

  27. kalau van persi,ibrahimovic,kolo&yaya ture saya tahu tapi kalau frank libery saya baru tau.ya semoga saja dia benar-benar menjadi seorang muslim yang sejati.GOOD LUCK LIBERy

  28. info pesebakbola muslim yg lain ada di blog ini,
    http://muslimsoccer.blogspot.com

  29. rizker permalink

    allhamdullilah ternyata pemain

    yang gue jagoin seorang moeslim

    sejati mudah2an makin bayak pemain

    bola yg muslim !!!!

    wasalam

  30. tapai walaupun ribery,persie ataupun ibrahimovic islam emang itu menandakan dia sholat.mudah mudahan aja sihh..

  31. ciwank.... permalink

    salut buat ribery…..vanpie juga,,,mereka brani nunjukin
    jati diri mereka….

    buat zlatan,,,jati dirinya jangan ditutup-tutupin donk…

  32. forza pemain muslim

  33. Anonymous permalink

    Ternyata Van persie, kolo Toure ,yaya toure ,samir Nsri,Ribery,Ibrahimovich ISLAM

  34. THONO permalink

    memang banyak pemain bola dunia yang muslim dan mereka adalah pemain terbaik aku bangga dengan mereka karena mereka bahkan lebih baik dan berkualitas ketimbang pemain yang non muslim

  35. Lutfi permalink

    Ha…ha…ha…ternyata cara mempopulerkan Islam juga bisa melalui sepakbola, yah…
    ha…ha…ha…Ya, udah, deh. yang penting, salut buat semua pesepakbola muslim. Go Muslim soccer player…! Allahuakbar….!

  36. Rendra permalink

    alhamdulillah t’nyata ibrahimovic islam cuy…cayoo ibra

  37. fahrel permalink

    saya Sngat bngga dngan Pemain Bola Yang Brsifat Serti Ribery….dia mualaf tapi slalu tdak lupa brdOa saat bertanding….sangat beda dngan pemain kita yang manyoritas islam…

  38. pemerhati pemain bola yang muslim permalink

    kamo menurut saya zlatan ibrahimovic itu bukan islam karena waktu dia selesai main bersama inter dia melakukan gerakan tangan seperti orang berdoa dalam salib.

  39. dede permalink

    yoi…………………

    jagoan gw trnyata sama ky gw muslim jg…………………..

  40. dede permalink

    yoi…………………

    jagoan gw trnyata sama ky gw muslim jg…………………..

    ROBIN DEDE VAN PERSIE…………….

  41. zlatan febrie 08 permalink

    ibrahimovic….km memang keren!!
    semoga allah swt menjadikanmu pemain terbaik 2009/2010 nanti…
    ibra 08 goodluck

  42. Bwt ibrahimovic jagn di tutu2pin donk klo lo islam

  43. NaCHoZ permalink

    Bener tuh………………….ibra tu malah pake tato…………….gimana????

  44. maulanafb permalink

    alhamdulillah yg gw duga nasrani,ternyata islam. smoga pemaen bola yg beragama muslim hebat semua,termasuk indonesi.alloh hu akbar

  45. nya enya karek apal kitu si Aa ibra teh islam,sareng mamang zidane teh islam oge,teu acan Aa tere abi van persie islam oge eta sadayana islam,,,,,

  46. Anonymous permalink

    ya

  47. wandez van persie permalink

    van Persie, Ribery, Anelka, Nasri, Toure, saya sudah ketahui dan tdk ragu bahwa mereka muslim…
    hny saja dgn Zlatan, saya blm ada bukti ttg keislamannya…
    memang sdh bbrp kali memmbaca yg menyebutkan bahwa Zlatan adalah seorg Muslim…
    Subhanallah…
    Terus gmn dgn Thierry Henry, Thuram, & Malouda???

  48. luphz permalink

    messi belom y,,,,,,,,,,,,,,

    w doain deh biar messi turut serta dapat hidayah dari my god ALLAH SWT amiennnnn

  49. Karim benzema muslim juga kali ya?

  50. susan permalink

    smoga makin banyak lagi pemain-pemain eropa lainnya jadi muallaf
    amin…….

  51. w seneng bgt kalo ternyata pemain kesayangan w ibrahimovic islam pa lagi sekarang di barca makin bangga aja w sebagai fansnya !!!!!!!!

  52. w seneng banget ternyata pemain kesayangan w beragama islam yaitu
    zlatan ibrahimovic n w bangga bgt sbg fansnya dia bisa gabung sama
    barcelona !!!!!!!!!!!! CAYOOOOOO ZLATAN

  53. Kalau Zlatan muslim saya gk percaya soalmya aku pernah liat dia membuat tanda salib sebelum masuk lapangan dan setelah merayakan gol. Liat saja tatonya kalau gk salah salib.

  54. by_u permalink

    Wah, “Sen@ng se* kalau van persie itu muslim. ayo berjuang terus van persie”!!!!

  55. allhamdulillah mereka sudah dikasih jalan yang lurus

  56. BENCI. ISLAM ANJING permalink

    munafik kalian islam anjung. sama kaya babi tukang kawin

  57. allhamdulillha.., mantab dah

  58. flying dutcman permalink

    Semoga dengan pertumbuhan populasi muslim di dunia yg terus meningkat diimbangi pula dengan kwalitas keimanan yg bagus. So…bukan hanya kwantitas, tetapi kwalitas juga perlu. Amin3x.

  59. Samir Nasri, Karim Benzema, Nicola Anelka, Mesut Ozil, Franck Ribery ternyata islam wahhh bagus itu

  60. Hadi permalink

    Merasa bangga

  61. armando permalink

    Agama islam akan di basmi….

    Hindu akan berkembang …..

  62. faisal permalink

    mas kolo tour dan yaya tour bukanya di man cyty???????????????????>>>>>>>>>>>>>>>

  63. KARIM BENZEMA ADALAH SOERANG MUSLIM KALIYAH

  64. i like your robin van persi n ribery

  65. muna permalink

    alhamdulillah,teryata pemain bola kelas dunia ada yg beragama islam,semoga franck ribery dan keluarganya selalu beriman kepada ALLAH s.w.t amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: